Belum ke Jepang rasanya kalau belum makan ramen. 

Sayangnya, hampir seluruh kuah ramen di Jepang menggunakan bahan dasar yang tidak diperbolehkan untuk di konsumsi Muslim, babi. Kalau untuk yang bukan Muslim (atau Yahudi), tentu ini bukan masalah. 

Tapi beberapa tahun belakangan ini, dengan melonjaknya wisatawan Muslim di Jepang, mulailah banyak bermunculan Muslim friendly restaurants, termasuk kedai ramen halal!

Untuk saat ini kedai ramen halal baru tersedia di daerah Tokyo, Hokkaido, Osaka, Kyoto, dan Nara.

Saya berkesempatan mencicipi ramen di tiga kedai ramen halal saat plesiran ke Tokyo kali ini.
 

1. Naritaya Ramen, Asakusa.

Satu setengah tahun lalu, saat pertama kali ke Naritaya, saya sukses nyasar. Saat ketemu pun Naritaya sedang di renovasi, iya tutup. Eergh. 

Ternyata, Naritaya ini letaknya dekat sekali dengan kuil Sensoji, yang kadang disebut sebagai kuil Asakusa Kannon.

 Naritaya tampak luar. 

Naritaya tampak luar. 

 Menu Naritaya.

Menu Naritaya.

 Mazesoba.

Mazesoba.

Jadi, total sudah tiga kali saya ke Naritaya. Nah, kemarin ini saya agak bingung, karena sepertinya menu Naritaya berubah. Anyway, saya pesan Mazesoba, dari gambar terlihat menarik, dan saya memang belum mencobanya.

Mazesoba ini sejenis ramen tanpa kuah, mirip yamin tanpa kecap. Enak! Selain telur, rumput laut kering, dan daun bawang, mazesoba juga di campur dengan potongan ayam bakar. Duh, ayam bakar nya ini sedap banget, nagih.

Menu di Naritaya tidak melulu ramen, tapi ada juga karage (ayam goreng tepung), nasi hainan, fried dumpling (agak bingung terjemahan bebas nya ke bahasa indonesia apa ya, tapi ini semacam risol lah), dan lain nya.

NARITAYA RAMEN
• Alamat: 2-7-13, Asakusa, Taito-ku, Tokyo
• Telpon: +81-(0)3-4285-9806
Senin-Jum'at 10.00 - 22.00
Sabtu, Minggu, Hari libur 08.00 - 20.00

How To Get There:
• Stasiun Asakusa, Exit 2. Jalan kaki ke arah kuil Sensoji. Saat sudah melewati Nakamise dori (jejeran toko setelah Kaminarimon, gerbang halilintar) dan kuil Sensoji ada di depan, ambil ke arah kiri.  Naritaya akan ada di sebelah kanan, tidak jauh saat melangkah masuk ke daerah perbelanjaan Sensoji Nishisando Arcade.


2. Ippin Ramen, Asakusa.

Saya menemukan dua tempat ramen saat googling ramen di Asakusa. Jadi saat Naritaya tutup untuk renovasi, buru-buru saya buka google maps untuk ke tempat ramen yang lain di Asakusa, Ippin Ramen.

Ippin Ramen tidak jauh letaknya dari Naritaya. Mungkin sekitar 10 menit berjalan kaki dari Naritaya.

Sayangnya, kemarin Ippin tutup. Jujur, saya agak bingung dengan jam kerja Ippin ini. Sudah dua kali saya ke Ippin, tiap jam makan siang, dan dua kali pula tempat ini tutup.

Buat saya, ramen di Ippin kuah nya lebih sedap di banding dengan Naritaya. Porsi nya pun generous

Pelanggan Ippin tidak hanya para pelancong Muslim, tapi juga warga Jepang sendiri. Tidak seperti Naritaya yang pelanggannya hampir 90% wisatawan non-Jepang, perbandingan pelanggan Ippin ramen antara wisatawan non-Jepang dengan warga lokal sekitar 50:50. 

IPPIN RAMEN
• Alamat: 3-6-11, Nishiasakusa, Taito-ku, Tokyo
• Telpon: +81-(0)3-5246-4660 (Setelah dari Naritaya, saya coba dulu telpon ke nomer ini, mungkin sekitar 3 kali, tapi tidak ada yang menjawab)

How To Get There:
• Asakusa Tsukuba Express, Exit 03, belok kiri, lanjut berjalan kaki sekitar 2-3 menit.
 

3. Shinjukugyoen Ramen Ouka, Shinjuku Gyoen.

Untuk saat ini, bisa dibilang Ramen Ouka adalah kedai ramen halal favorite saya!

Berbeda dengan Naritaya dan Ippin, Ramen Ouka terletak di daerah yang relatif 'sepi' dari wisatawan. Lokasi nya pun mudah dijangkau dan ditemui.

Kesan pertama saat tiba di Ramen Ouka adalah bersih, 'warm', dan 'welcoming'.

 Mesin order. 

Mesin order. 

Mesin order ini akan ada di sebelah kanan dari pintu masuk. Sebelum di persilahkan duduk, pelanggan akan diminta untuk memesan (sekaligus membayar) menu yang ada di mesin ini.

Seperti dilihat di menu mesin diatas, Ramen Ouka juga memiliki menu vegan ramen. Memang salah satu misi Ramen Ouka adalah agar ramen bisa dinikmati siapapun, termasuk para vegetarian dan veganNow, that's something, my friends!

Saya memilih Spicy Halal Ramen (S), ¥ 1200, untuk makan siang perdana saya di Ramen Ouka.

Ternyata pesanan saya tidak hanya ramen itu sendiri, tapi juga di lengkapi ayam bakar (YUUMM!), telur rebus, jagung muda rebus, dan nasi!

First sips, aaaahh.. OISHII!!!

Sedap. Bumbunya sangat terasa. Untuk penggemar pedas seperti saya, tingkat kepedasan spicy ramen ini termasuk mild.

 Dessert and black tea

Dessert and black tea

Selain ramen dan pelengkapnya, ¥1200 yang saya bayar termasuk juga hidangan penutup dan teh hitam.

Dessert yang dibuat dari campuran ubi ungu dan yuzu (salah satu jenis jeruk asal Jepang), dengan sedikit taburan wijen pas sekali untuk lidah saya. Tidak terlalu manis ataupun hambar. Porsinya pun sesuai sebagai hidangan penutup.
 

 Mighty Leaf Tea

Mighty Leaf Tea

Mighty Leaf adalah merek teh hitam yang dipakai oleh Ramen Ouka. Sebagai penggemar teh, saya dapat menvalidasi kenikmatan teh ini.

Sambil menikmati ramen, saya beruntung dapat kesempatan berdiskusi dengan staff Ramen Ouka, dari bahan yang digunakan di Ramen Ouka, hingga salah satu Japanese Baseball pitcher dari Seattle Mariners :)
Oh, ternyata 4 staff di Ramen Ouka adalah orang Indonesia. Yay! :)

Bicara sedikit tentang ingredients di tempat ini. Ramen Ouka menggunakan ikan dan tomat sebagai bahan utama untuk kuah ramen mereka. Untuk vegan ramen, bahan yang mereka gunakan sebagai kuah adalah rumput laut, jamur, dan saus ramen berbasis tomat.

Saat saya tiba, semua bangku di penuhi oleh wisatawan non Jepang, lebih tepatnya wisatawan asal Indonesia. Tapi sejam kemudian, saat hanya tinggal saya yang masih menikmati nikmatnya ramen pesanan saya, satu per satu orang lokal (Jepang) datang menikmati ramen di Ramen Ouka.

Aah, saya masih ingin mencoba menu-menu ramen di Ramen Ouka ini. Well, mungkin kunjungan ke Tokyo berikutnya :)

SHINJUKUGYOEN RAMEN OUKA
• Alamat: 1 Chome-11-7 Shinjuku, Shinjuku-ku, Tōkyō-to 160-0022
• Telpon: +81-3-5925-8426
Senin - Kamis 12.30 - 15.00 (makan siang) 18.00 - 22.00 (makan malam)
Jum'at LIBUR
Sabtu, Minggu, Hari libur 12.30 - 22.00

How To Get There:
• Keluar dari Shinjuku Gyoen Mae Station (Marunouchi Line dari Shinjuku) belok kiri. Jalan terus, lewati Lawson, lalu belok kiri di Bank of Tokyo-Mitsubhis UFJ. Ramen Ouka akan ada di sebelah kanan.

Sila cek halaman Facebook mereka disini!

Comment